drupal statistics
Diterbitkan pada: Thu, Dec 27th, 2012
: 495 Dibaca
Share   
share :
     

Guru Depok Jalani Sosialisasi Kurikulum 2013

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok dan Pusat Kurikulum (Puskur) Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan pelatihan kepada 81 Guru tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-Depok guna menghadapi Kurikulum 2013 di SMAN 1 Depok, Rabu (26/12).

Acara yang dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik ) Kota Depok, Muhammad Nurdin dan menjadi pembicara dalam pelatihan ini tim Puskur dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Christina Tulalessy, Tatang Subagyo dan Yuliarti Dewi MPM.

Di sela-sela pelatihan, Staff Puskur dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Christina Tulalessy, menuturkan, kegiatan pelatihan ini masih tahap uji publik dari tim Puskur dan ini yang pertama dilakukan Depok untuk uji sosialisasi perubahan kurikulum.

“Maka kami tidak memberikan reaksi berlebih saat peserta pelatihan mengajukan macam-macam pertanyaan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, seperti pada penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di setiap mata pelajaran dalam usulan rancangan struktur kurikulum 2013, kurikulum harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Saat ini penggunaan teknologi informasi seperti internet sudah marak dikalangan siswa, bahkan di tingkat SD. Penerapan TIK di setiap mata pelajaran yang diajarkan merupakan pilihan yang tepat untuk mengikuti perkembangaan zaman,” jelasnya.

Christina menambahkan, Pemerintah juga memiliki program internet hingga kepelosok, asumsinya seperti program pemerintah internet masuk desa. Diharapkan rancangan kurikulum 2013 yang isinya pembelajaran TIK akan terintegrasi di setiap mata pelajaran agar dapat lebih memajukan mutu dan kualitas pendidikan.

”TIK akan menjadi materi pembelajaran yang tidak berdiri sendiri, karena sudah menjadi kewajiban dan mampu bagi guru dan siswa untuk menggunakan komputer. Jika tidak, pendidikan di Indonesia tidak akan berkembang, terlindas zaman yang semakin berkembang berbasis teknologi informasi komunikasi,” pungkasnya.

Ricky Juliansyah
Foto: Ricky



Pendidikan Terkini Terpopuler