drupal statistics
Home Berita
Diterbitkan pada: Tue, May 29th, 2012
: 456 Dibaca
Share   
share :
     

Prestasi Muluskan Jalan Lolos Jalur Undangan SNMPTN

Nilai akademik memang jadi syarat utama untuk lolos jalur undangan SNMPTN. Namun, pretasi di luar akademik pun memiliki andil besar dan menjadi pertimbangan saat memutuskan lolos atau tidaknya siswa tersebut.

Macia Audita contohnya. Siswa SMAN 5 Sawangan, Depok ini lolos jalur undangan dan diterima di Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Marcia mengatakan, dirinya menyertakan prestasi di luar akademik yaitu juara II bertutur dalam bahasa Inggris (story telling) se-Jabodetabek.

“Iya, saya memang melampirkannya dalam bentuk scan piagam juara II lomba story telling di Universitas Negeri Jakarta akhir tahun lalu,” ungkapnya.

Hal ini pun disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Chaerijah. Menurutnya, persaingan nilai antarsiswa menang ketat. Untuk menyiasatinya siswa sebaiknya melampirkan prestasinya di luar akademik. Ini bisa jadi nilai lebih untuk pertimbangan dalam meloloskan siswa lewat jalur undangan.

“Nilai bisa sama, tapi kualitas dan lampiran prestasi saat pendaftaran jalur undangan akan menjadi nilai plus bagi peserta,” tandasnya.

Icha

Foto: ist.



Pendidikan Terkini Terpopuler